pantai kedung tumpang

PANTAI KEDUNG TUMPANG

PANTAI KEDUNG TUMPANG

 

Pantai Kedung Tumpang yang berada di daerah kabupaten Tulungagung memang cukup menarik. Tepatnya berada di Desa Pucanglaban Tulungagung. Dapat diakses dari beberapa kota terdekatnya seperti kota Blitar dan Kediri.

 

Pantai yang terbentuk dari erosi air laut yang sedikit demi sedikit mengkikis karang yang berada di tepi pantai. Gugusan karang tersebut akhirnya tergerus dan menyisakan sebuah kolam alami atau yang disebut laguna.

 

Laguna- laguna yang berada di pantai ini pun terlihat tak beraturan dengan tinggi yang berbeda-beda. Laguna ini terisi karena deburan ombak-ombak. Sehingga oleh warga setempat diberikan nama kedung (lubuk) dan tumpang dalam bahasa Indonesia bermakna susun. Kemudian kedua nama tersebut dijadikan satu bernama Kedung Tumpang.

 

Ombak yang berada di pantai ini pun cukup besar. Hal ini dikarenakan gugusan karang di bibi pantai bisa saja tergerus karena kuatnya ombak. Dari mitos yang beredar di masyarakat sekitar dilarangnya membawa buah jeruk. Menurut penuturan beberapa warga  mengatakan bahwa, jeruk dapat mengundang ombak besar.

 

Berdekatan dengan Kedung Tumpang terdapat destinasi wisata baru yang bernama Bukit Jomblo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *